Jaga Pola Makan dan Minum Saat Lebaran Idul Fitri

0
1184

Jaga Pola Makan dan Minum Saat Lebaran Idul Fitri – Tanpa di sadari beberapa keluhan sakit perut akan menghampiri kita yang di sebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman saat lebaran idul fitri.

Sebenarnya yang mengakibatkan sakit perut adalah bukan makanan atau minumannya, namun lebih spesifik lagi pada kebiasaan kita saat berpuasa, karena berpuasa sudah terbiasa tidak sarapan pagi atau juga makan siang.

Oleh sebab itu di anjurkan saat lebaran idul fitri tiba kita jaga makanan dan juga minuman yang akan kita konsumsi, jangan terlalu banyak makan makanan pedas bersantan yang dominan berminyak dan minuman bersoda.

Anjurannya, meski sudah tidak berpuasa dan di perbolehkan makan dan minum sepuasnya, namun ada baiknya batasi konsumsi makan dan minummu seperti penggalan hadist nabi yang pernah di sabdakan, yakni “Berhentilah makan sebelum kenyang” salah satu manfaatnya adalah agar tidak bersifat murka dan berlebihan, karena bisa sakit perut.

Jaga Pola Makan dan Minum Saat Lebaran Idul Fitri

Selain menjaga konsumsi makan dan minuman, ada satu saran yang lain lagi, yaitu sebelum makan hendaknya mencuci tangan dengan sabun pencuci tangan untuk membunuh kuman penyebab penyakit seperti diare.

Mencuci tangan sebelum makan makanan saat lebaran idul fitri memang sangat di anjurkan, karena selama moment lebaran kita banyak melakukan jabat tangan dengan banyak orang, sehingga sangat rentan sekali dengan penularan kuman melalui jabatan tangan saat lebaran.

Demikian saran tips dan trik kesehatan tentang menjaga makanan dan minuman saat lebaran idul fitri agar terhindar dari penyakit diare yang bisa menyerang perut kita.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here